20100725

jajanan asal india (ato arab??)

abis jemput ade latian band tadi sore,waktu lewat depan orang jual martabak terang bulan langganan.ibu tanya,"ngga beli ta?".secara saya..ya langsung aja."klik",sein kiri nyala.tanda buat belok.hehe

aku suka sama terang bulan (martabak manis),ngga berarti ngga suka sama martabak telornya (martabak asin).

tadi sore aku pesen 3,terang bulan 2 sama martabak 1.paling suka ngeliatin waktu masnya buat martabak,waktu dia mainin adonan trus di glebak-glebakin (glebak??--) biar lebar sama waktu masnya ngocok telor di campur daging.kayaknya kok asoy banget.kayaknya gampang,padahal belum tentu aku sendiri bisa ngglebak-gebakin adonan secara lancar kayak si masnya itu tadi.

kalo di tempat saya,yg asin disebut martabak ato martabak telor,kalo yg manis panggilannya terang bulan.jadi saya pernah sempat heran ketika ada yg sebut martabak manis yg ternyata di daerah lain adalah nama lain dari terang bulan.

nah abis gitu aku googling.mau tau tentang makanan ini lebih lanjut.ternyata ada dua asal-usul.yg satu bilang dari arab yg satunya dari india.

martabak yg dalam bahasa arab berarti terlipat (terlipat karena waktu di goreng kan di lipat-lipat) bisa masuk ke indo karena (inti ceritanya) ada pribumi yg nikah sama warga india yg pada akhirnya jual martabak dan resepnya turun menurun di keluarga mereka dan tetangga sekitarnya.

resep yg sekarang kebanyakan beredar di indo banyak mengalami modifikasi,ngga asli.maksudnya banyak perubahan biar bisa di terima orang kita dengan mengurangi porsi daging dan menambah sayuran di dalamnya.jadi pada awalnya martabak asli dari sana dagingnya pasti banyak banget.mungkin itu yg ngga disukai orang kita.kebanyakan daging pasti bikin eneg.tp aku penasaran pengen makan yg asli.

sebenernya kurang fotonya,dan saya lupa.waktu abis makan dan tengah-tengah nulis ini tadi baru inget dan ketika baru inget,martabak dan terang bulan uda lenyap tak berbekas.hahaha

saya ambilin dari mbah gugel aja yaa.hehe :)

- ini martabak manis a.k.a terang bulan -

inget,karena suka banget sama terang bulan pernah pengen bisa buat sendiri.cari-cari resep.tp ngga berhasil jua.tidak terealisasi dengan baik.malah jadinya semi pancake (terang bulan sama pancake beda apa ya??).ceritanya waktu itu si tiga bersodara ini lagi pada pengen pancake trus ibu saya beli yg ready pack dari market.tp ternyata amat sangat jauh dari ekspektasi.aneh.ngga enak.mahal lagi.-.- 

sampe akhirnya ibu googling cara buat pancake di bantu dimas (si ade).jadi deh tiap pagi buat pancake itu tp menurutku itu hampir kaya terang bulan ini.kemaren ibu buat inovasi lagi,pancakenya jadi ijo.pake pandan biar jadi ijo.and it still taste good!!great mom!!:)


- martabak asin (telor) a.k.a meat pancake (ada yg nyebut kayak gitu) waktu lagi di goreng - 


nb : sebelumnya saya minta ijin untuk gambar-gambar yg saya pakai di atas :)

1 comment:

Ms.Khey said...

pernah bikin..
jaman SD...
gampang kok,,cuma enggak sempurna juga sih..
tepung, telur, gula, fernipan...
sering bikin jamn SD, bikin ndiri, makan ndiri..
suatu ketika nemu set (apa zet ya?) dalam tepuk saat di ayak..
ilfil..
gg pernah buat lagi..
-.-

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...