20101030

jelajah negeri (with pictures update!!)

guest who :p
familiar sama judul di atas? yep, judul postingan saya beberapa waktu yg lalu. karna waktu itu gambar-gambarnya ngga keluar dan waktu di upload ulang, beres, malah akhirnya bagian teks eror. aneh, jadi malah ngga karu-karuan. mau nulis dari awal, udah lupa. yasud, saya mau bikin ringkasan di postingan yg baru aja. (postingan ini, red)

kali ini tag : jelajah negeri isinya tentang perjalanan saya menjelajahi negeri ini. baru kali ini saya patenkan :p

perjalanan kali ini ke daerah bondowoso. selain jalan-jalan, kita juga ada agenda buat ngebahas CF. CF stands for CreativeFirst. event organizer kecil-kecilan yg kita bangun. ngurusin mulai dari tour and travels sampe wedding. acara musik, pameran, etc.

so, langsung aja ya ke picture directory (karna emang niatnya pamer foto :p).

CF movers di kawah ijen
karna di awal dan seperti biasa, kita ngalas. tanpa penginepan dan tidur seadanya di atas gunung, jadi disana berbekal mie instan setengah kerdus sama sebungkus sosis dan nugget. yep, para makanan ngga sehat yg membuat bertahan hidup. malah waktu kami pulang baru tau tentang berita tentang mie instan yg ada bahan kimia dilarang itu (lupa apa namanya). haha. langsung sampe rumah kita makan nasi, ikan, sayur dan berbagai makanan yg (bisa dibilang lebih) sehat (dari pada makanan instan tadi).


di sebelah ini waktu ribut masak mie pas pertama kali dateng. tempatnya gelap, ngga ada lampu dan kalo diliat disitu ada kayak gubuk. nah disitu tempat tidurnya. alasnya jas hujan sama sleeping bag buat satu orang yg terpaksa di masukin dua orang. 

dan mungkin saya terlalu meremehkan suhu disini, yg saya kira 11-12 sama bromo, ternyata jauh. mungkin 2 ato 3 kali lipat suhu disana.

dan waktu tracking saya pake alas kaki yg ngga compatible sama medannya. biasa pake adiprene buat jogging karna lumayan solnya ada geriginya jadi bisa buat pijakan, kali ini pake sepatu casual buat jalan di mall -.-

emang sih karna adiprene saya sobek dan sepertinya waktunya upgrade.


abis manjat, makan dulu
di atas itu waktu esok hari kita uda di atas. makan lagi. berbekal kompor gas portable yg bisa di bawa kemana-mana, yg awalnya minjem. gara-gara momen ini kita kepikiran buat beli sendiri untuk inventaris kita naik gunung.
the big four (bram, sato, aku, ken)
abis makan, dokumentasi dulu. karna itu wajib dan menandakan we've been there!! bukan hoax. :p

the masterpiece
sebuah maha karya sang pencipta. KAWAH IJEN (ijen crater).

kawah ijen terletak di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. yang menarik adalah kawah ini terletak di tengah kaldera yang terluas di pulau jawa. ukuran kaldera sekitar 20 kilometer. ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 meter x 600 meter dengan kedalaman 200 meter. kawah ini terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera.

kalo kita kesana kita juga bakal bareng sama penambang belerang waktu naik ke atas kawah. mereka nambang sebagai pekerjaan sehari-hari. and u know what, setiap satu kilo belerang di hargai 600 rupiah. minimal per orang bisa ngangkut 20-25 kilo more a less untuk sekali jalan dan dalam sekali jalan butuh waktu perjalanan 4 jam-an untuk pulang pergi. mungkin lebih, ketambahan waktu mereka untuk berhenti, istirahat di tengah jalan. rekornya sekali angkut ada yg mampu sampe 70-75 kilo. sekarang kalo kita coba itung penghasilan bapak-bapak itu perharinya 600 x 20 =12000, untuk yg 20 kilo dan 600 x 70 = 42000, untuk yg 70 kilo.

rata-rata 12000 sampe 42000 rupiah. nah sehari bisa 2 kali perjalanan naik turun. tergantung kondisi fisik bapak-bapak itu tadi. jadi tinggal di kali 2. atau ada juga yg gotong royong gantian ngangkut. sekali jalan butuh 2 orang. mereka nentuin meeting point dimana mereka ketemu. jadi yg satunya ngangkut ngambilin, satunya bawa turun. nah kalo gitu berarti kan upahnya juga di bagi dua. 

si bapak yg lagi nimbang belerang

nah, ini waktu tracking..
taken by ken, edited by me :)


sato & bram having a break
take a break with style 
my landscape during hiking..
above the jungle
sulfurize attack

green hills (me like this)

foggy day

and that's it guys..

thanks for reading. what do you think. feel free to write it down :)


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...