20101227

demam panggung

 ALAAAMAAAKK!!!

itu headline Sportivo Jawa Pos Hari ini. gara-gara kalahnya tim merah putih di First Leg Final AFF Cup 2010. awalnya ngga ada yg nyangka kalo perjalanan timnas bakal bertahan sejauh ini, apalagi dengan hasil yg (menurut saya) fantastis dan tanpa cacat.

first leg final AFF Cup 2010.
pict from here.
mungkin juga ini ujiannya, tim garuda biasa main di kandang sendiri dan main away waktu final. mungkin mereka grogi, juga ngerasa di atas awan. karna di awal kompetisi ketemu Malaysia, Indonesia menang 5-1.

memang di AFF Cup 2010 ini Indonesia tampil beda. baik secara kostum, maupun performa. aku pun kaget. dan aku yakin, ini Indonesia yg baru, Indonesia yg modern. meskipun memang ada beberapa hal yg mungkin masih dalam proses tp menurutku.. ini, Indonesia yg baru.

aku rasa pencapaian seperti ini udah lebih dari cukup. dan kedepannya bakal menjadi lebih baik kalo atmosfer seperti ini tetep dijaga.

nah, emang pro kontra itu hal yg 'wajar'. banyak yg pro, dukungan dari mana-mana. mulai pondok pesantren, sampe politisi (murahan) yg tiba-tiba datang manfaatin momen which is very common di negeri ini.

dan aku berharap orang-orang ngga cuma sampe sini mendukung. ada yg bilang itulah Indonesia, kalo lagi berprestasi orang bakal ngangkat mereka tinggi-tinggi, tapi waktu jatuh, bakal mereka jatuhkan sejatuh-jatuhnya.

garuda di dada yg di protes. pict from here.
ada juga beberapa hal lucu yg amat sangat ngga penting. yg pertama, lambang garuda di dada kaos timnas, ada yg mrotes. katanya menyalahi aturan dan merusak nilai-nilai atau apalah itu. yg kedua dukungan berlebihan dari politisi yg dulunya bener-bener ngga perduli tentang dunia sepak bola, mendadak berbondong-bondong dateng dan memanfaatkan posisi ini buat praktek politik murahan (partai kuning ngasih bonus besar banget). yg ketiga, kehadiran Pak Beye di Stadion Gelora Bung Karno di protes berbagai pihak terkait penjualan tiket yg ngga terorganisir dengan baik. katanya gara-gara Pak Beye, tiket jadi penuh dan itu yg nyebabin kondisi penjualan tiket di depan stadion rusuh. oh, come on!! Pak Beye lho yg 'punya' negara ini, secara juga dia orang nomer satu disini. kehadirannya pasti juga bakal nambah semangat juang para pemain. gimana ngga, perjuangan mereka di dukung langsung sama orang nomer satu di negeri ini. it's totally STUPID!! -maaf, saya agak emosi-

alfred riedl. pict from here.
balik ke pertandingan kemarin sore, ada beberapa gangguan non teknis yg emang ganggu banget, sebelumnya bukan saya mencari pembenaran atas hal ini atau pun mencari alasan untuk membela timnas tapi beberapa hal ini emang ngganggu banget.

first of all, karena prestasi yg meningkat drastis, banyak pihak yg mulai memanfaatkan (seperti yg aku bilang di atas). mulai adanya ajakan makan siang, makan malam, ramainya wartawan minta press conference. untung saja pak pelatih, Alfred Riedl cukup tegas, dan aku suka itu. sikap tegasnya di awal udah di tunjukkin sama pencoretan Boas Salosa yg notabene pemain andalan gara-gara sikap indisiplinernya ngga dateng tepat waktu waktu ada panggilan timnas.

serangan laser Malaysia. pict from here.
kemaren juga pertandingan sempet berhenti beberapa saat gara-gara pemain kita dapet gangguan laser dari supporter Malaysia. ntahlah itu emang sengaja ato ngga. smpet terbesit pemikiran kayak gini. karna Indonesia lagi on top perform, jadi orang Malay bener-bener mikir gimana cara buat ngalahin. antara lain, salah satu caranya itu ya pake faktor non teknis tadi, karna mungkin secara teknis di lapangan mereka mungkin bakal susah nahan permainan Indonesia.

tapi aku acungi jempol, provokasi mereka berhasil! di pertengahan pertandingan, Markus sempat protes sampai pertandingan berhenti lumayan lama, sampai pemain Indonesia keluar lapangan sebentar. nah mungkin disini, awal mula bencana. konsentrasi mereka buyar dan di tengah permainan, memang sebaiknya para pemain Indonesia bisa lebih dewasa nyikapinnya. ngga perlu pake aksi protes yg menurut saya merasa ada yg ganjil. mereka merasa terlalu di atas angin dan mungkin lupa daratan.

semoga saat-saat kayak gini bisa keulang. pict from here.
beberapa saat pertandingan di lanjutkan, Indonesia kebobolan 3 gol dengan proses yg amat sangat gampang. memang, faktor psikologis turut berpengaruh. mungkin bagi sebagian pemain ini pertandingan atau bahkan ajang internasional pertamanya dan juga selama ini kita banyak berlaga di kandang sendiri. jadi yg pertandingan di Bukit Jalil merupakan ujian pertama dari Tim Garuda.

ya kita doakan aja di tanggal 29 Desember 2010 nanti kita bisa merubah keadaan. semoga masyarakat pun tetap setia dengan bangsanya ini, tidak hanya mengangkatsaat jaya, tp juga setia saat mereka terpuruk.

ini final ideal yg di tunggu-tunggu banyak pihak terutama publik Indonesia menyusul hubungan kedua negara yg sempet memanas belakangan ini. 

semoga Tim Garuda tidak mengecewakan kami, dan apapun hasilnya di 2nd Leg nanti, kami terutama saya, akan tetap mendukung INDONESIA!!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...