20110319

super (man+sailoor) moon

yep! malem minggu lagi. denger-denger katanya nanti malem ada supermoon. dimana bulan bisa keliatan gede banget nget nget.

dan temen saya langsung ngabarin, "eh..ngga tergoda buat naik ke puncak?aku tergoda..". kurang lebih kayak gitu.

tentu saja saya tergoda! tapi apa daya, situasi tidak memungkinkan. di samping kondisi badan yg sedang ngga bersahabat gara-gara beberapa hari terakhir idup seharian di jalan.

sahabat lama macem masuk angin dan perut mules juga kebetulan lagi akrab malam ini, untung sebotol minyak kayu putih bisa jadi sisi netral.

well, supermoon atau lunar perigee itu sendiri katanya bulan keliatan 7% lebih berar dari biasanya gara-gara saking deketnya sama bumi dan fenomena ini terjadi setiap 18 tahun sekali.

Disebut super karena bulan malam atau dini hari nanti akan terlihat tujuh persen lebih besar dibandingkan purnama biasa, “Atau 14 persen lebih gemuk dibanding purnama ketika bulan dalam posisi terjauh dengan bumi,” kata Thomas Djamaluddin, astronom dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.
Pendiri Komunitas Astronom Amatir Langit Selatan, Avivah Yamani, menambahkan, cahaya dari supermoon akan lebih terang 30 persen dari purnama biasanya. Kondisi itu memungkinkan pengamat menikmati permukaan bulan sekaligus Planet Saturnus yang berada di dekatnya. “Kawah bulan akan terlihat lebih jelas,” ujar lulusan Pascasarjana Astronomi Institut Teknologi Bandung, itu. 
Begitu melimpahnya cahaya bulan nanti, astronom dari Observatorium Bosscha, Evan Irawan Akbar, mengungkapkan, pengamatan menggunakan teleskop yang berdiameter terlalu besar hanya akan membuat mata silau. Dia menyarankan, teleskop berdiamater 10-20 cm, teropong, atau cukup mata telanjang jika langit cerah dan polusi cahaya minim. 
however..
Itu sebabnya, Evan menambahkan, Bosscha tak berencana menggelar pengamatan massal atau pengamatan secara khusus. “Karena ini memang peristiwa biasa,” katanya. 
-sumber : tempo interaktif-

nah, ada juga yg bilang kalo fenomena ini sering di kaitin sama bencana alam besar di bumi. namun dari kalangan astronom bilang kalo itu ngga pernah terbukti. ya mungkin bisa-bisanya orang-orang aja ya nyambung-nyambungin.

jadi, apa kalian bakal ikutan nunggu si supermoon..??

kalo saya, tergantung nanti. kondisi kayak gimana. apa masih melek ato udah ngga melek lagi a.k.a teedoooorr...

ps: ada juga yg bilang kalo supermoon itu hasil kawin silang dari superman dan sailormoon..

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...