20091004

bromo ooh bromo

perjalanan ke bromo..

ini rencana perjalanan kedua,yg sebelumnya ga jadi gara2 ketiduran abis makan pas mau berangkat.*haha.alasan yg ga logis..

berangkat jm9 malem berdua sama si bram.

pake jaket tumpuk dua!!
konon katanya dinginnya ga karu2an.itu pun masi bawa satu jaket lagi.

nyampe di pintu masuk pertama jm12.itu yg masuk 'gang'nya.di situ motornya masi lancar.

masuk di portal pertama jm setengah 2an.
*kalo ga salah..
di situ masi lancar..

perjalanan dari portal pertama ke yg kedua,di akhir mau deket portal kedua mulai ada 'ritual ndorong'..
*motor ga kuat nanjak,jd salah satu dari kita turun.tiap kita naek gunung mesti pake ritual ini.maklum,cm berbekal supra x125.

kata si bram,"hemp..ga kebayang nanti di penanjakan.pasti 'seru'"

wondering..
setinggi apakah lokasi penanjakan..


nyampe portal kedua..
istirahat,nyari toilet ga nemu.pipis di botol.hahhahahahahahaaa.*tak tahan lagi..=p

eh,lha kog di belakang pintu masuk situ ada toilet..~~

okeh,mendadak perut 'protes'.waktunya bongkar muat.jaadiii deeehh..
di bongkar di situ..

awalnya ada banyak anak2 naek motor mau ke penanjakan,mau bareng gitu maksudnya.biar rame.daripada cm berdua.akan tetapi karna ee karna prosesi bongkar muat itu tadi memakan waktu yg tidak sebentar,alhasil mereka berangkat duluan..
*si bram nggondok gara2 'prosesi'ku lama,trus di tinggal rombongan itu.hahaha

okeh..
akhirnya berangkat sendiri..

jalannya turun.cuuraaam!!!
turun terus siih.gelap.ga ada lampu..

nyampe di lautan pasiir..
langsung diem..
mbatiin..
lhuuuk!!!
opo ikii!?

jadi bener2 puasiiir tok di kanan kiri.berkabut.range view ga sampe 10meter.
uda gitu gara2 volume pasir yg bener2 kaya di pante gitu motor ga bisa jalan.jadi kudu pinter2 milih jalan.tp juga ga ngefek,harus nuntun lagi.

lha..
di tengah2 gurun pasiir itu tadi ada motor mogok.ternyata dari rombongan yg pertama tadi.

awalnya 'seneng' karna kita ga sendiri,eh lha kog mereka mogok.dan akhirnya motor mereka ga bisa nerusin perjalanan.

jadiiiii..

mereka mutusin buat balik.dan kita pun nolongin mereka buat nuntun lagi motor itu ke atas.

kebayang,ndorong motor naek ke atas.motor cowok pula.berat??itu jelas.
naeknya pun curam,sekitar 60an derajat gitu,jarak tempuh naek ke atas skitar 1,5 kiloan.bayangkan!!~~

pas nyampe atas,pisah.awalnya tadi mereka ada yg mo ngikut kita buat turun lagi.ternyata ngga jadi.
*ada 2 motor.yg satu mogok,yg satu ngga.dan mereka di tinggal sama rombongan.sempet mikir,rombongan iitu gmn ada temene ketinggalan yo di tinggal ae.tempate kaya gitu pula..

okeh..
akhirnya kita turun lagi ke lautan pasir.dan perjuangan pun di mulai(lagi)..

sesekali naik dan sesekali pula nuntun..
*lebih sering nuntun siih..

di tengah pasir2 itu,ketemu bule.ada 2.mereka jalan kaki..
hmm..patut di coba iitu.hahaha

daan..
akhiirnya nyampe juga di akhir lautan pasir.next destination lokasi penanjakan!!!

wuiiihh..
lebiih puaraah nanjaknya..

uda siap mental buat nuntun motor,tp tetep ga kebayang waktu nuntun.lha kaya gitu naiknya!!~~

oiya,pas mo naek ngobrol2 sama si bule tadi..
*praktek EF.=p

perjalanan naek bener2 perjuangan..
uda gitu,kan tadi kita bantuin dorong motor.jadi uda ga 100% fit..
dan kita terakhir makan waktu sebelum berangkat,istirahat pun cm 'seadanya'..

waktu subuh,nyampe di tikungan.uda mulai terang.ada masalah..

motor ga bisa jalan.bisa nyala,cm waktu masuk gigi 1,ga bisa maju.ada trouble sama koplingnya.akhirnya mutusin buat brenti.subuh dulu.

wiiih..
keren..sholat subuh di atas gunung!!!
subhanallah..^^

abis subuh,untungnya..
ada org jual bakso gi turun gunung.wuiih,langsung ae di stop..
laaapeeerr!!!!!
thanks God!!

puas makan..
ngobrol sm abang tukang bakso..
kata si abang,di atas ada jalan turun.naik dikit lagi,uda gitu turun.tembusnya di pasuruan.

akhirnya kita putusin buat naik..
nyari jalan yg di kasi tau abang tukang bakso.soalnya kalo turun lewat rute awal ga mungkin.selaen harus ngelewati lautan pasir sama tanjakan abis portal.ndorong lagi.
ga sanggup.sumpah ga sanggup.akhirnya merelakan ga liat sunrise di puncak bromo.nerusin cm sampe di 'bromo view'..

akhirnya naik,nyampe di 'bromo view'.istirahat sama foto2!!
*wajiib..=p

si bram tidur malah..~~

okeh,perjalanan lanjut..

kita turun.bener2 jalan turun.jd motor di naiki.manfaatin grafitasi bumi.
lucu juga,berkilo2 kita turun tanpa mesin motor idup.kaya maen slurutan gitu.*btw bhs indoe 'slurutan' opo yo??

beberapa kilo turun,nemu bengkel.nyoba benerin motor.
tapii..
orange geblek,mbulet ae.dan akhire bayar buat yg ga perlu di ganti.~~

turuun lagii..
jaooh..

nemu gubuk kecil pinggir jalan.brenti bentar.tidur bentar.ngantuk.capek.laper.duit tingal 40rb.nyari atm ga ketemu..

turuun lagiii..

nyampe daerah pasuruan..
dan ternyata jalan turun iitu uda abiis.hemp..
terpaksa dorong motor lagi.sambil sempet ndayung2 gitu.
*jd 'ndayung' pake kaki.gantian ndayunge.bayangin,dua org segede ini ndayung motor seiimut iitu.dan ga cuma sekali org2 yg ngeliatin ketawa.hahaha.aku ingat betul ada truk yg nyalip sambil nglakson.aku noleh,eh si driver ngakak!!-.-

kira2 nuntun sekiloan gitu,nemu bengkel.masnya yg kali ini agak pinter.ga kayak org tadi.karepe dewe.

istrinya masnya juga baek,kita di suguhi roti2 kecil sama air minum.setelah tau kita nuntun dari atas..
hoho..

akhirnya motor beres(cm di akalin siih.pokok bisa jalan.spare partnya ga ada waktu itu),langsung ngelanjutin perjalanan pulang.nyampe surabaya lagi jm3an.niat langsung pulang ke gresik,eh nyampe asrama abis makan ketiduran sampe jm6an.abis isya,balik ke gresik.nyampe jm stengah8an.
di jalan,mata rasanya pueriih banget.mungkin gara2 semaleman ga tidur..


capek,susah,seneng,gendhenk.tp overall aku suka sama perjalanannya..

bagiku nyampe di tempat tujuan itu cuma 'bonus' dari perjuangan waktu di perjalanan..

begitu juga iidup..
the results in the end it's just a gift from our struggle,hardwork,and dedication in the middle of it..

special thanks to..
bram..my best friend
si item..my best ride

dan semua pihak yg kita repotin maupun yg ngerepotin kita..
hahahaha..

nb:satu 'target' terpenuhi.naek gunung!!*meskipun ga sampe puncak.target selanjutnya puncak!!ga cuma naek doang..^^

3 comments:

rie said...

asik bum,.. tapi Q mrasa ada yang aneh,..

rute perjalananmu tuh piye toh??
kalo mnurutQ, mu naeknya via tumpang, trus turun lewat nongko jajar bukan?? jadinya ketemu bromo dulu, trus gunung batok, abis ntu penanjakaN,..
jalur yang aneh!! padahal spot paling bagus buat liat sunrise tu di penanjakan lhoh,. tapi mbuh wez. hehe..

pastinya gak lagi dah ke bromo, velg motor sampe gosong gitu blum diganti pula.
hmm,.. udah banyak makan korban tuh gunung. :S

mr.gigh said...

tumpang itu yg mn ma?
*aku ga apal nama2e..

yg pasti brgkt ga lewat nongkojajar..

lewat rute 'standart'..

lautan pasir-gunung batok-penanjakan-bromo..

wkt di penanjakan motorku ga kuat..
kn di atas mo ke puncak ada jalan nyabank,turun ke wonokitri ato naek.kita mutusin buat turun di situ..
motor ga bs jalan.ga memungkinkan lagii..-.-

iiya tuh,motorku jd korban..
mulai persnelèng,sampe ban dpn yg ga lurus lg..
huaah..

tp ga kapok ah..
hehe..

rie said...

rute yang aneh. bener dah!!! gunung batok kan posisine di tengah,.. penajakan di timur, sebelah selatannya baru bromo,..
koq kaw ke batok dulu?? trus penajakan?? trus bromo?? ribet,.. bin mbulet,.. hehe,..

tumpang tu yang lewat malang,
tapi kalo kaw kaya'e yang via probolinggo ya??

hmm,.. gtw wez,..
sama2 gak tau, tapi sama2 sok tau. hehe,..
pastinya Q kapok! gak lagi dah..
masi banyak puncak2 laen yang menanti, n beribu sunrise yang lebih keren daripada disana, tanpa harus berkorban velg motor. hoho,. :P

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...