20110523

politik ayam goreng

sore itu, karena lagi bosan di kos-kosan, saya memutuskan buat main ke tempat kerja temen saya. karena tempat kerjanya di mall, jadi sekalian mau cari dvd sama iseng-iseng ngecek harga di toko kamera. niat awalnya sih mau makan, karena bosen sama makanan di deket daerah kos, trus juga karena temen saya mau nemenin saya makan, jadinya saya berngkat ke tempat kerjanya.

sampe sana, saya nunggu lumayan lama, soalnya saya dateng terlalu sore, jadi bosnya temen saya masih ada di kantor, saya ngga bisa leluasa ngegangguin dia. karena dia kerja di salah satu lapak tempat jual pakaian. saya sama dia biasa ngobrol di depan lapak, dan karena lumayan seringnya saya main kesitu, tiap kali main kesitu, pegawai lapak samping kiri kanan selalu mengira saya pacarnya. sampai suatu saat saya main kesitu bawa temen perempuan saya (temen, dalam arti sesungguhnya) dan akhirnya spekulasi tentang hubungan saya dengannya berakhir. haha.

nah, sesuai janjinya dia menemani saya makan. setelah selesai makan kita jalan balik ke tokonya. oiya, tentang pekerjaan temen saya. kerjanya santai sekali. ya kalo lapaknya lagi rame aja dia mungkin agak ribet. tapi kalo lagi sepi, nganggur.. nggur.. nggur.. serasa gaji buta. tapi memang sih, berjaga 8 jam memang melelahkan. apalagi jadwal libur yg cuma sekali seminggu dan liburnya pun ngga bisa di tentuin harinya. kebanyakan pasti masuk kalo weekend dan libur di hari biasa. bagi saya itu tidak menyenangkan, karena ruang gerak pasti jadi terbatas. sedangkan saya tipe orang yg spontan. tiba-tiba bisa berpindah tempat atau kota dalam waktu beberapa jam saja dalam sehari.

oke, kembali lagi.

sambil jalan dari tempat makan ke lapak tempat kerjanya, kita ngelewatin resto fast food deket tempat kerjanya yg berjarak beberapa lapak dari lapak teman saya.

tiba-tiba temen saya ngetok-ngetok kaca resto fastfood itu. menyapa temannya yg lagi bersihin meja dari sisa-sisa makanan pengunjung. saya berhenti sebentar menunggu kedua orang itu saling menyapa di balik kaca dengan cara membaca gerakan bibir masing-masing.

setelah prosesi pembacaan bibir masing-masing selesei, kami jalan lagi. di jalan temen saya cerita gimana bisa kenal seseorang bapak-bapak berumur 30-40 taunan itu tadi. seringnya sih dia di ejekin sama temen-temennya, "iih kamu kok kenalnya sama bapak-bapak sih may?" (may, nama teman saya). memang, temen saya yg satu ini, ntah saking supelnya ato bagaimana seluruh bapak-bapak di sekitaran mall situ pasti kenal. mulai satpam sampai pegawai cleaning service. bahkan seorang satpam pun pernah memberikan perhatian khusus kepadanya.

cerita tentang bapak-bapak itu berlanjut. dan ini bagian favorit saya, di bagian yg saya sebut politik ayam goreng. jadi ceritanya resto fastfood itu jual ayam goreng. nah karna kenal, temen saya ngga jarang bisa dapet satu porsi nasi+ayam goreng dalam harga miring, harga anak kos kalo saya bilang, harga mahasiswa!!

nah saya kemudian berpikir bagemana mekanisme hal itu terjadi. dan temen saya pun bercerita panjang lebar. begini ceritanya...

jadi yg di jual si bapak itu adalah jatah makan siangnya sendiri. jadi, setiap karyawan dapet jatah makan sesuai menu di resto itu. dan pastinya, setiap orang pasti mengalami titik jenuh. juga apalagi kita orang timur, terkadang ngga cocok sama makanan barat yg berbeda dari masakan timuran.

jadi bapak itu berpikir kreatif, bagaimana kalo jatah yg dia dapet, daripada ngga di makan, mending di konversi ke rupiah supaya lebih bisa digunakan buat keperluan lain.

tentu saja proses dan prosedurnya diam-diam, karena kalo ketauan atasan bisa panjang masalahnya. bahkan bisa di berhentikan masa kerjanya.

si bapak cuma nawarin ke temen-temen deket sesama karyawan mall. tapi lama kelamaan temen-temen karyawan mall juga bisa ikut merasakan 'manfaatnya' (seperti saya). sebenernya nggak semua orang punya akses buat mendapatkan porsi spesial ini. tentu saja si bapak ngga serta merta promosi dengan gencarnya. karna kalo lagi kepengen di makan sendiri, ya di makan sendiri.

dan saya jadi inget, hal-hal seperti ini (umumnya) di negara berkembang sering terjadi. dalam arti apapun bisa di lakukan, kalo kita tau jalannya. contohnya saja, tentang pembuatan SIM atau hal-hal yg berurusan dengan birokrasi yg berbelit-belit. biasanya orang untuk memudahkan dan untuk mendapatkan kemudahan bisa di di dapatkan, kalo kita tau "jalannya". kebiasaan orang Indonesia yg terbiasa ingin semuanya secara instan mengakibatkan hal-hal seperti ini bisa atau sering terjadi.

ntah itu karena birokrasi yg terlalu berbelit-belit, atau memang jiwa instan yg mendarah daging yg menyebabkan hal-hal seperti ini bisa terjadi. memang dengan kompensasi materi yg akan kita keluarkan sedikit berlebih, tentu akan menjadi pertimbangan bagi beberapa orang yg mempunyai kelebihan dari segi materi.

nah, kenyataannya memang seperti itu kan? bagaimana menurut anda?

ah, tapi saya memandang ini sebagai keunikan tersendiri yg terjadi di negara tercinta ini. di negara lain bahkan mungkin hal-hal seperti ini tidak akan terjadi.

semua pasti ada sisi positif dan negatifnya, tergantung bagaimana kita melakukan filter terhadapnya. :D

keuntungan tersendiri bagi saya disini, kalo lagi kepengen makan fastfood murah, saya bisa langsung sms temen saya itu, buat minta di belikan seporsi ayam goreng dan 2 nasi putih seharga anak kos.

malam itu pun, sepulang dari tempat temen saya bekerja, saya membawa sebuah dada ayam, dan dua buah nasi putih terbungkus rapi dalam bungkus plastik seadanya. cukup untuk menemani malam saya sambil menonton dvd yg baru aja di beli.

no pict = hoax. so here it is! porsi spesial dengan harga mahasiswa. :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...