20120510

meet the dolphins

selamat pagi nusantara!

sudah beberapa saat sejak postingan terakhir saya. ratusan adegan yg mungkin terlewatkan. entah, sibuk pun relatif. hanya hasrat yg sedikit berkurang untuk menulis.

sesaat yg lalu saya pergi ke sisi lain pulau dewata yg masih 'murni'. kenapa murni? karena menurut saya berbeda dengan sisi selatan pulau yg menurut saya, saya sebut bali modern dan sisi utara yg lebih sunyi dan tenang. masih otentik (bahasa saya sendiri).

karena seorang teman baik di tugaskan disana, dengan iming-iming biaya hidup gratis, hanya bermodalkan tiket bis waktu berangkat, siapa yg tidak akan melewatkan kesempatan seperti ini. all in! haha

tepatnya di daerah lovina, singaraja. sebuah kota kecil di utara bali. tidak seluas denpasar atau segaduh kuta di waktu malam. disini saya lebih merasakan aura kampung halaman di jawa. turis-turis pun enggak sebanyak yg ada di kuta. kota kecil yg sunyi dan menyenangkan. masih terasa budaya balinya.

sesaat sebelum berangkat ke lovina, saya sempet google dimana teman saya, bram menginap. sebuah resort yg seperti nama saya disana. entahlah, karena lama tak berjumpa dan dia rindu dengan saya, jadi memilih resort dengan nama saya? well, mungkin hanya bram dan Tuhan yg tau. haha

nah, kata kakek google, dimana daerah tempat bram menginap dan resort itu nyediain dolphin tour. dan pada saat itu juga, saya langsung bbm bram sambil setengah kegirangan.

"Aku mau Dolphin Tour!".
pernyataan sedikit memaksa dan agak tidak tau diri. sudah semua di tanggung, masih minta lebih. haha. ya, saya memang kurang ajar.

"Asal besok elu bisa bangun pagi kalo disini..".
kata bram, mengiyakan. dan, hahaha. saya tertawa puas dalam hati. kenapa bangun pagi? karena dolphin tour itu mulai jam 06.00 pagi.

sesampainya disana, saya takjub. resort yg berbatasan langsung dengan pantai di halaman belakang. having a beach on your backyard is really something!

bagaimana dia tidak betah disana.. project kantornya yg hanya 2 minggu di perpanjang jadi 3 minggu! damn, you boy! terkutuklah kau juka tidak mengajakku kesana! hahaha.

jadi di penginapan tersebut bram seperti yg punya penginepan. bayangkan saja, 3 minggu disana, jelas semua orang, em, tidak semua sih, tapi sebagian besar pasti mengenalnya.

yg awalnya hanya 2 hari 1 malam, saya harus merelakan kuliah saya sehari demi menambah hari lagi disana. memuaskan acara jalan-jalan kali ini.

bagaimana tidak bahagia, biasanya kami berdua kalo bertualang bersama hanya bermodal cekak. dan kali ini menumpang 'perjalanan dinas' bram, bisa dikatakan bahwa kebutuhan kami disana cukup tercukupi. haha

the dolphins
ada beberapa hal yg sedikit mengganggu dalam dolphin tour ini. berangkat pagi, dan ternyata bukan perahu kami saja. di tengah laut sudah banyak perahu lain yg menanti kemunculan mamalia laut ini.

adalah bagaimana 'sistem' yg menurut saya sedikit merugikan para lumba-umba tersebut. jadi begini, karena lumba-lumba yg ada sekarang tidak sebanyak dulu, yg kalau mau melihatnya saja nggak harus sejauh ini.

begitu muncul gerombolan lumba-lumba, langsung saja di kerubuti oleh hampir sekitar 20an perahu lain. seakan melihat sekantong emas, atau seseorang di gurun pasir yg menemukan oase.

menunggu hampir 2 jam untuk mendapatkan momen ini
after all menjelajahi sisi lain pulau ini sedikit menenangkan. sedikit pelarian kecil di tengah hiruk kegiatan di surabaya.

dan kabar bahagianya adalah, sepertinya saya bakal sering-sering main kemari karena jika sesuatu yg di kerjakan bram menjadi permanen di pulau tersebut maka akan menjadi homebase-nya. 

bram bakal sering ke lovina, dan biasanya sih dia pasti kesepian, dan pada akhirnya memanggil saya untuk menemaninya. pastinya dengan free akomodasi. hahaha

sunrise di lovina, sambil nunggu lumba-lumba muncul :)
well, itulah perjalanan lain saya kali ini. kali ini tanpa tigi, sahabat baik saya yg sudah berpindah tuan, semoga kau baik-baik saja disana kawan, dengan tuan barumu :')

tetep, kuliner nggak boleh kelewat. home-made balinese pizza! :D
sedikit tips dari saya buat temen-temen yg mau ke lovina buat ikutan dolphin tours, coba tanya sama nelayan di pinggir pantai. kalo ikut mereka, bisa dapet harga lebih murah daripada ikut paket hotel. beberapa nelayan biasanya proaktif, langsung menawari. dan jangan takut, masih bisa di tawar lagi kok. cuma jangan sadis-sadis yaa. kasihan mereka juga :)


foto : Aditya Darmawan (dokumen pribadi) 


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...