20101202

titik balik (timnas) Indonesia

unyil 5 - upin ipin 1

salah satu status temen di news feed-ku kemaren abis pertandingan sepak bola antara Indonesia vs Malaysia di Piala AFF Suzuki 2010.

pict taken from here.
dalam pertandingan pertama di Piala AFF ini Indonesia bergabung bersama Malaysia, Laos dan Thailand dalam Group A.

dalam pertandingan ini perombakan besar-besaran di lakukan. muka lama macam Ponaryo Astaman, Isnan Ali, Nova Arianto tidak terlihat. hanya Bambang Pamungkas yg langganan timnas dimasukkan menggantikan Christian Gonzales di pertengahan akhir babak kedua.

yep, disini kita kedatangan beberapa muka baru macam Christian Gonzales dan Irfan Bachdim. keduanya lulusan luar negri. 

Gonzales, taken from here.
Gonzales yg sudah 6 taun merumput di liga indonesia akhirnya mendapatkan kewarganegaraannya di taun ketujuh. pemain kelahiran Uruguay 34 taun yg lalu ini bisa dikatakan udah benar-benar akrab di bumi pertiwi.

Irfan yg keturunan indo-belanda, lahir di Amsterdam 22 taun yg lalu. mengawali karir di Ajax Amsterdam. debutnya di Eredivisie, 17 februari 2008 bareng FC Utrecht waktu main 90 menit lawan VVV-Venlo.

sebenernya kemarin setelah gol pertama, aku ngga berharap gol keduanya di cetak pemain ini (Gonzales). ntah lah, dari dulu aku selalu yakin kalo negeri ini mampu, meski tanpa pemain naturalisasi sekalipun. tp pada akhirnya menganut jg apa yg jg di anut negara tetangga.

ada sebuah lelucon lama tentang sepak bola indonesia, waktu masa-masa terpuruknya dan tanpa prestasi beberapa taun yg lalu. sekarang masih sih, tp besok-besok, nobody knows :)

"masa di negeri yg jumlah penduduknya sampe 200 juta ini, nyari 11 orang aja ngga bisa.."

semoga aja dengan adanya beberapa muka baru dan suasana baru di sektor sepak bola negeri ini bisa kembali ke masa kejayaannya dulu, yg bisa nahan imbang beberapa tim raksasa eropa dan amerika latin (saya agak lupa siapa lawannya. hehe).

Irfan yg di twitter langsung jadi TT, taken from here.
memang, banyak pro kontra disini (ciri khas pribumi). ada yg bilang kalo gara-gara malay mainnya jelek, ada yg bilang ini cuma kebetulan. banyak lah yg menanggapi yg berlebihan. 

aku pribadi menilai, ngga usah deh berlebihan. kalo menang di angkat tinggi-tinggi, kalo kalah pun di banting jatuh dalem banget. toh ini juga negara kita sendiri, tempat lahir kita, tempat kita hidup. kita dukung aja mereka, menang kalah. toh yg namanya permainan pasti ada yg menang, ada yg kalah. ngga bisa dong menang dua-duanya. ada saatnya sendiri. :)

the goals!! :)

aku paling suka gol ke dua sama terakhir. yg kedua Gonzales, yg terakhir Irfan yg menurut saya golnya kayak liga-liga eropa. hegege

oiya ini juga pertama kalinya mereka pake kostum baru!! yg kemaren aku tulis disini. aku ngga nyangka tulisan nomer di dada depan bakal ada, karna keliatan ngganggu banget. sebelumnya waktu launching ngga ada sih. tp tetep oke kok. beli aah. :D

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...